Akupresur, klinik Assyarif

Front view of neck.

Image via Wikipedia

Pilihlah teknik acupressure untuk mengtasi masalah kelelahan mata. Lakukan pemijatan pada setiap titik masing-masing selama 30 detik hingga satu menit sehari sekali.

# Pijatlah sebuah titik yang berada tepat di bawah pupil mata Anda, yaitu pada pertengahan tepi rongga mata (St1).
# Pijatlah sebuah titik yang berada pada cekungan, selebar setengah jari dari sudut mata bagian luar (Gb1).
# Pijatlah sebuah cekungan pada sisi terluar alis (Te23).
# Pijatlah titik di tengah alis dan di pelipis.
# Pijatlah sebuah cekungan pada pangkal alis (B12).
# Tutup mata Anda. Gunakanlah jari tengah Anda untuk memijat sebuah cekungan yang berada di antara alis dan bola mata, sementara itu, gunakanlah ibu jari Anda untuk memijat kedua pelipis.
# Tekan dan pijatlah sebuah cekungan yang berada di bawah tulang tengkorak, di sisi luar dua otot besar leher, yang dapat dirasakan ketika menundukkan kepala (Gb20).
# Rapatkan ibu jari dan jari telunjuk Anda, gunakan ibu jari tangan lainnya untuk menekan jaringan otot di bawah kedua jari tersebut yang menonjol (Li4).
Acupressure untuk Asthma

Untuk penyembuhan asthma, pilihlah acupressure berikut ini, dan lakukan pemijatan satu kali sehari.

1. Gunakan satu ibu jari untuk menekan dengan lembut, dan pijat titik pada pangkal ibu jari selebar dua jari dari pergelangan, di garis batas antara kulit gelap dan terang, sampai Anda merasa sakit dan menegang (Lu10). Lakukan juga pada sisi tangan yang lain.

2. Gunakan jari tengah Anda untuk menekan dengan lembut cekungan di antara tulang selangka yang berada di atas tulang dada selama dua menit (Cv22). Sementara itu, gunakan jari tengah lainnya untuk menekan dengan lembut titik yang berada tepat di tengah antara kedua puting susu untuk pria, dan di antara tulang rusuk keempat dan kelima untuk wanita (Cv17) pada tulang dada.

3. Gunakan jari tengah Anda untuk menekan dengan lembut dan pijat titik di salah satu sisi tulang besar pada pangkal leher bagian belakang selama dua menit (titik asthma).

4. Jika Anda mempunyai banyak dahak, tekan dengan lembut dan pijat titik di tepi bagian luar tulang kaki, pertengahan antara ujung tulang pergelangan kaki dan pertengahan patella selama satu menit (St40).

5. Jika Anda merasa tercekik dan nafas pendek, tekan dengan lembut titik yang berada tepat di pertengahan antara kedua putting susu untuk pria, dan di antara tulang rusuk keempat dan kelima untuk wanita (Cv17) pada tulang dada. Lakukan selama satu menit.

6. Tempelkan ibu jari Anda ke jari telunjuk, dan gunakan ibu jari lainnya untuk menekan dengan lembut bagian yang menonjol pada pertemuan pangkal ibu jari dan jari telunjuk selama satu menit (Li4).

7. Tekan dengan lembut titik yang terletak selebar dua jari di atas lipatan pergelangan tangan, pada bagian dalam lengan bawah, segaris dengan ibu jari selama satu menit (Lu7).

8. Gunakan ibu jari dan jemari Anda untuk menekan dengan lembut, ritmis, memijat dan melepaskan dengan perlahan otot leher bagian depan sepanjang trachea selama satu menit.
Acupressure untuk Mengatasi Sakit Kepala Kronis

Lakukan teknik acupressure berikut ini untuk meredakan sakit kepala kronis :
1. Sisirlah rambut dan rapihkan dengan jari-jemari Anda. Sisirlah dengan lembut mulai dari dahi ke leher belakang Anda. Kemudian sisirlah rambut Anda dari atas ke kedua sisi kepala. Lakukan penekanan secara bertahap dari pelan hingga keras, hingga kulit kepala Anda menjadi hangat.
2. Dengan lembut lakukanlah penekanan dan pemijatan sebuah titik yang berada pada cekungan di dasar tulang tengkorak, pada sisi luar dua otot besar leher, yang dapat Anda rasakan dengan menundukkan leher (Gb20).
3. Gunakanlah tepi luar jari kelingking Anda untuk mengetuk setiap sendi di antara jari-jemari yang berdekatan. Lakukan juga pada tangan yang lainnya.
4. Untuk sakit yang terjadi pada sisi kepala, tambahkan hal berikut ini :

· Gunakan telapak ibu jari Anda untuk menekan dengan lembut, menggosok, dan memijat kedua pelipis. Dorong ke daerah di atas telinga Anda (Gb8).

· Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berada di antara jari manis dan jari kelingking pada cekungan tepat di bawah dua buku jari pada punggung tangan (Te3).

5. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian depan, tambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Tekan dengan lembut dan pijatlah cekungan pada pangkal alis mata (Bl2).

· Rapatkan ibu jari dan jari telunjuk Anda, gunakan tangan yang lain untuk mencubit dan menekan dengan lembut jaringan otot yang menonjol (Li4).

6. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian belakang, tambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berada di kuduk leher, di batas rambut kepala selebar dua jari di kedua sisi tulang leher, pada cekungan di sisi otot leher besar (BIlO).

· Lakukan pukulan ringan. Tekan dengan lembut dan pijatlah sebuah titik yang berapa pada sisi tangan Anda, tepat di bawah sendi jari kelingking pada ujung lipatan (Si3).

7. Untuk sakit yang terjadi di kepala bagian atas, ambahkan acupressure berikut ini untuk sakit kepala kronis:

· Pijatlah dengan lembut sebuah titik yang berada di tengah-tengah bagian atas kepala, pada garis yang menghubungkan kedua ujung telinga Anda (Gv20).

· Tekanlah dengan lembut dan pijat sebuah titik yang berada di antara ibu jari dan jari telunjuk kaki, selebar dua jari di atas sendi di antara jari kaki (Liv3).
Teknik Acupressure untuk Mengatasi Masalah Bronkhitis

1. Gunakan ujung-ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis kedua tangan untuk menggosok ke atas dan ke bawah pertengahan tulang dada selama satu menit. Tekanlah dengan lembut dan pijat tulang dada dari atas ke bawah selama satu menit.

2. Tekanlah dengan lembut dan pijat sebuah titik yang berada tepat di tengah-tengah antara kedua putting susu untuk pria, dan di antara tulang iga keempat dan kelima pada garis tengah tubuh untuk wanita (Cv17). Lakukanlah selama satu menit.

3. Tekanlah dengan lembut sebuah titik yang berada pada cekungan tepat di atas tulang dada bagian atas selama satu menit (Cv22). Gunakan jemari Anda untuk menekan kulit dan otot dengan lembut dari titik ini menuju jakun (Adam’s apple) sebanyak 20 kali.

4. Rapatkan ibu jari dan jari telunjuk Anda, dan gunakan ibu jari tangan lainnya untuk menekan dengan lembut jaringan otot yang menonjol di antara kedua pangkal jari tersebut selama satu menit (Li4).

5. Tekanlah dengan lembut sebuah titik yang berada selebar dua jari di atas lipatan pergelangan tangan, pada sisi bagian dalam lengan, segaris dengan ibu jari, selama satu menit (Lu7).

6. Tekanlah dengan lembut sebuah titik yang berada pada tepi luar tulang kaki, yaitu pada pertengahan antara ujung tulang pergelangan kaki dan pertengahan tempurung lutut selama satu menit (St40).

7. Tekanlah dengan lembut sebuah titik yang berada selebar empat jari di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam, tepat di belakang tulang kaki selama satu menit Sp6).

Herbal untuk Perawatan Kanker Payudara
– Anggur. Peneliti Shiuan Chen, Ph.D, dari Beckman Research Institute of The City of Hope, menjelaskan bahwa jus anggur (tanpa membuang bijinya) efektif menekan pertumbuhan sel kanker dengan mencegah sintesis hormon estrogen yang berperan besar dalam perkembangan kanker payudara.

– Bunga Nusa Indah Putih. Menurut pakar tanaman obat Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Ensiklopedia Tumbuhan Berkhasiat Obat I, untuk kanker payudara gunakan 15 sampai 30 gram batang nusa indah kering atau 30 sampai 60 gram yang segar dan 30 gram herba tapak dara direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Ramuan kemudian disaring dan airnya diminum.

– Tapak Dara. Masih menurut Hembing Wijayakusuma, resep herbal lainnya untuk mengatasi kanker payudara, 6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

– Delima. Menurut Prof. DR. Made Astawan, dengan minum satu gelas jus delima setiap hari, kita akan mendapatkan asupan senyawa antioksidan polifenol sebanyak 100 mg. Senyawa ini dapat melumpuhkan sel kanker, dan jika membuat jus delima sebaiknya diblender bersama bijinya.

– Daun Pepaya. Batang dan daun pada tumbuhan pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan dibuktikan Bouchut secara ilmiah, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifat antitumor atau kanker.

– Rumput Mutiara. Kandungan flavonoid glycosides pada Hedyotis corymbosa (L.) Lamk. diduga mampu menghambat proses karsinogenesis baik secara in vitro maupun in vivo. Penghambatan terjadi pada tahap inisiasi, promosi maupun progresi melalui mekanisme molekuler antara lain inaktivasi senyawa karsinogen, antiproliferatif, penghambatan angiogenesis, cell cycle arrest, induksi apoptosis dan antioksidan (Ren et al., 2003).

– Strawberry. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh.

– Tomat. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stahl dan Sies (1995) menyebutkan bahwa kandungan senyawa dalam tomat memiliki kemampuan untuk menghambat oksidasi pada tahap progresi dalam karsinogenesis. Selain itu, Levy dkk. (1995) menyatakan bahwa senyawa dalam tomat mampu menghambat pertumbuhan dari sel kanker endometrial, payudara dan paru-paru. Salah satu senyawa dalam tomat yang diduga berperan dalam pengobatan tersebut adalah likopen (Bohm, dkk., 1995). Kandungan likopen dalam 100 gram buah tomat mentah rata-rata mengandung 3-5 mg likopen (Asrorudin, 2004). Sehingga dapat diperkirakan bahwa senyawa likopen dalam tomat dapat bermanfaat sebagai agen kemopreventif.

5 thoughts on “Akupresur, klinik Assyarif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s