Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid terdiri dari dua lobus, satu di sebelah kanan dan satu lagi disebelah kiri. Keduanya dihubungkan oleh suatu struktur yang dinamakan isthmus atau ismus. Setiap lobus berbentuk seperti buah pir. Kelenjar ini terdapat di leher bagian depan di bawah jakun.

Sel tiroid adalah satu-satunya sel dalam tubuh manusia yang dapat menyerap iodin atau yodium yang diambil melalui pencernaan makanan. Iodin ini akan bergabung dengan asam amino tirosin yang kemudian akan diubah menjadi T3 (triiodotironin) dan T4 (tetraiodotiroksin). Dalam keadaan normal pengeluaran T4 sekitar 80% dan T3 15%. Sedangkan yang 5% adalah hormon-hormon lain seperti T2. T3 dan T4 inilah yang biasa disebut hormon tiroid.
Salah satu fungsi hormon tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh, mengatur perkembangan saraf dan mengatur pertumbuhan.

Kelainan yang berhubungan dengan hormon tiroid dikelompokkan menjadi hipotiroid dan hipertiroid.

Hipotiroidisme
Hipotiroidisme adalah suatu keadaan dimana kelenjar tiroid kurang aktif dan menghasilkan terlalu sedikit hormon tiroid. Hipotiroid yang sangat berat disebut miksedema.

Penyebab yang paling sering ditemukan adalah tiroiditis Hashimoto.
Pada tiroiditis Hashimoto, kelenjar tiroid seringkali membesar dan hipotiroidisme terjadi beberapa bulan kemudian akibat rusaknya daerah kelenjar yang masih berfungsi.

Penyebab kedua tersering adalah pengobatan terhadap hipertiroidisme. Baik yodium radioaktif maupun pembedahan cenderung menyebabkan hipotiroidisme.

Kekurangan yodium jangka panjang dalam makanan, menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme goitrosa).
Kekurangan yodium jangka panjang merupakan penyebab tersering dari hipotiroidisme di negara terbelakang.

GEJALA
Kekurangan hormon tiroid menyebabkan melambatnya fungsi tubuh.
Gejalanya ringan dan timbul secara bertahap, Ekspresi wajah menjadi tumpul, suara menjadi serak dan berbicara menjadi lambat, kelopak mata menutup dan mata serta wajah menjadi bengkak.
Banyak penderita yang mengalami penambahan berat badan, sembelit dan tidak tahan terhadap cuaca dingin.

Rambut menjadi tipis, kasar dan kering; kulit menjadi kasar, kering, bersisik dan menebal.
Banyak penderita yang mengalami sindroma terowongan karpal.

Denyut nadi bisa melambat, telapak tangan dan telapak kaki tampak agak oranye (karotenemia) dan alis mata bagian samping mulai rontok.
Beberapa penderita, terutama yang berusia lanjut, menjadi pelupa, bingung dan pikun.

Hipertiroidisme
Hipertiroidisme adalah suatu keadaan dimana kelenjar tiroid bekerja secara berlebihan, sehingga menghasilkan sejumlah besar hormon tiroid.

Hipertiroidisme bisa ditemukan dalam bentuk penyakit Graves, gondok noduler toksik atau hipertiroidisme sekunder.

GEJALA
Pada hipertiroidisme, apapun penyebabnya, terjadi peningkatan fungsi tubuh:
– Jantung berdetak lebih cepat dan bisa terjadi kelainan irama jantung, yang bisa menyebabkan palpitasi (jantung berdebar-debar)
– Tekanan darah cenderung meningkat
– Penderita merasakan hangat meskipun berada dalam ruangan yang sejuk
– Kulit menjadi lembab dan cenderung mengeluarkan keringat yang berlebihan
– Tangan memperlihatkan tremor (gemetaran) halus
– Penderita merasa gugup, letih dan lemah meskipun tidak melakukan kegiatan yang berat
– Nafsu makan bertambah, tetapi berat badan berkurang
– Sulit tidur
– Sering buang air besar, kadang disertai diare
– Terjadi perubahan pada mata : bengkak di sekitar mata, bertambahnya pembentukan air mata, iritasi dan peka terhadap cahaya. Gejala ini akan segera menghilang setelah pelepasan hormon tiroid terkendali, kecuali pada penyakit Graves yang menyebabkan gangguan mata khusus.

Pengobatan Alami
Untuk mengobati penyakit tyroid maka harus ditentukan jenisnya, apakah hipertiroid atau hipotiroid, kemudian apakah disertai dengan pembesaran (goiter/struma) atau tidak.
Secara umum ada beberapa herbal yang berfungsi memperbaiki hormon tiroid, antara lain, sidaguri, kumis kucing, ciplukan. Selain itu jika terdapat pembesaran, maka harus disertakan herba anti tumor, seperti mahkota dewa, benalu teh, habbatussauda, mengkudu dll. Jika ingin praktis, sekarang ini sudah terdapat racikan herbal siap minum. Allohu’alam bisshowab.

Mengenal Manfaat Biji Mahoni

manfaat biji mahoni

Dalam pengobatan tradisional terdapat banyak racikan jamu untuk mengobati kencing manis maupun kanker. Berbagai bahan alami dapat dimanfaatkan untuk itu. Baik berasal dari kulit, buah, akar (umbi) maupun daun tanaman tertentu.. Ada yang digunakan secara tunggal tanpa diracik dengan bahan lain, tapi ada pula yang dicampur dengan komponen alami lain.

Untuk kencing manis, misalnya, bisa dipakai kulit tanaman pulai, biji mahoni, umbi bidara upas, tumbuhan tapak dara, terong ngor, daun sembung dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut dapat dipakai secara tunggal.

Bila mempergunakan terong ngor, cukup mengambil buahnya sebanyak 10 biji, dicuci bersih lalu dijadikan lalapan (ulam) saat makan. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali dalam sehari.

Dulu, banyak pohon mahoni ditanam di pinggir jalan sebagai pohon perindang. Buahnya yang sering gugur sendiri ke tanah, diambil bijinya untuk bahan pengobatan berbagai jenis penyakit. Selain dikenal sebagai penyembuh malaria, juga dapat dipakai mengobati kencing manis.

Amat mudah untuk membuat biji mahoni menjadi obat kencing manis. Yakni cukup menyeduh bijinya yang sudah dilembutkan sebanyak setengah sendok teh dengan air panas matang sebanyak setengah gelas. Minumlah seduhan ini 3 menit sebelum makan. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Kalau kurang mantap dengan bahan-bahan tunggal, dapat pula dibuat racikan. Salah satunya berbahan 2 jari kulit batang pulai, 2 jari kulit batang duwet, 1/3 genggam daun sambilata dan 2 jari gula aren. Semua bahan dicuci, dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air putih hingga menjadi 2 gelas. Setelah dingin disaring, hasilnya diminum 3 kali sehari. Lakukan cara ini minimal 5 hari berturut-turut.

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Tekanan darah tinggi (Hipertensi) , Kurang napsu makan, Demam; Kencing manis (Diabetes mellitus), Masuk angin, Ekzema, Rematik;

Bagian yang dipakai :
Biji, dikeringkan lalu digiling halus menjadi serbuk.

Kegunaan:
– Tekanan darah tinggi (Hipertensi) .
– Kencing manis (Diabetes mellitus).
– Kurang napsu makan,
– Rematik.
– Demam.
– Masuk angin.
– Ekzema.

PEMAKAIAN:
Untuk minum: 1/2 sendok teh biji yang telah digiling halus menjadi serbuk.

CARA PEMAKAIAN:
1. Hipertensi
a. 8 gram biji segar diseduh dengan 2 gelas air panas. Setelah
dingin disaring lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minum pagi dan sore
hari.

b. 1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/2 cangkir
air panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi
hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

2. Kencing manis
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air
panas. Diminum selagi hangat, 30 menit sebelum makan. Lakukan
2-3 kali sehari.

3. Kurang napsu makan
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan 1/3 cangkir air
panas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat,
lakukan 2-3 kali sehari.

4. Demam, masuk angin
1/2 sendok teh serbuk biji mahoni.diseduh dengan 1/4 cangkir air
panas, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum selagi
hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

KANDUNGAN KIMIA: Saponin dan flavonoida

sumber: Mengenal Manfaat Biji Mahoni http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1895130-mengenal-manfaat-biji-mahoni/#ixzz1HrjhiOT9

Kesurupan

Kesurupan adalah suatu peristiwa dimana adanya gangguan makhluk halus yang merasuki tubuh seseorang. Kebanyakan kesurupan menyerang kaum hawa. Hal ini dikarenakan, wanita lebih labil sehingga mudah dimasuki makhluk halus tersebut.

Kesurupan biasanya membuat yng terkena akan hilang kendali. Mereka akan menjerit-jerit tidak menentu, kadang menyebut nama seseorang yang dipercaya adalah orang yang ada kaitannya dengan makhluk halus yang merasuki.

Dunia ini terbagi dua, antara dunia nyata, dunia manusia dan dunia ghoib, yaitu dunia para makhluk halus, seperti jin, setan, iblis, dan sebagainya. Kesurupan biasanya akan mengajak teman atau merembet ke orang yang dipanggilnya. Maka, ketika itu juga seseorang yang dipanggil akan hilang ingatan.

Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan mereka melihat adanya penampakan di suatu tempat yang kemudian merasuk ke dalam jiwa mereka. Biasanya mereka mengalaminya di tempat yang memang angker. Kasus kesurupan yang terjadi di SMA Negeri 6 Lampung dan SMA Pangudi Luhur Yogyakarta adalah salah satu contoh kesurupan masal.

Sekitar 20 orang siswa pada tanggal 1 Maret 2006 dan berlanjut pada tanggal 2 Maret sekitar 50 orang siswa terjadi di SMAN 6 Lampung. Jika telah terjadi gangguan seperti ini, maka ruqyah syari’iah adalah cara yang paling utama dilakukan dalam Islam. Ruqyah Syari’iah adalah sebuah terapi nabawi yang digunakan untuk memulihkan seseorang dari kerasukan sejak Nabi. Hal ini dilakukan dengan cara membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dan juga do’a-do’a yang ma’surat. Sehingga, orang yang bersangkutan akan kembali normal.

Membedakan Madu Asli atau Palsu?

16-String Zither - Ðàn Tranh

Image by Eustaquio Santimano via Flickr

Saat ini banyak sekali beredar madu palsu. Namun, dengan mengerti sifat dan kandungan madu, dapat dinilai mana madu yang “asli” dan “palsu”, serta kualitas madu apakah baik atau jelek..

1. Pemalsuan JUMLAH, dilakukan dengan menambah volume madu “asli” dengan madu “palsu”, misalkan mencampurkan gula/madu buatan yang relatif lebih murah untuk kemudian diaduk.

2. Pemalsuan MUTU, biasanya dilakukan dengan mengubah kadar air madu yang tadinya tinggi, lalu diturunkan dengan pemanasan.

3. Pemalsuan MENYELURUH, yakni madu yang diklaim “asli” padahal sebenarnya 100% buatan, jadi bukan madu yang nerasal dari lebah dengan komposisi aslinya.

Secara kasat mata memang sulit membedakannya, diperlukan pengujian kuantitatif untuk memastikan keaslian madu. Lewat uji kuantitas, madu dapat diperkirakan dipalsukan atau ditambahkan sesuatu apabila; kadar sukrosa madu naik, kadar enzim naik/turun, kadar abu menjadi naik/turun, daya hantar listrik naik, kandungan pollen dalam sedimen turun, kandungan mineral turun, aroma dan rasa berubah, kandungan HMF (Hidroksi metal Furfuraldehid) berubah, kadar protein turun, warnanya terang, madu mengandung PbCl2, PbSO4, anion dan kation.

Kandungan HMF yang merupakan produk pemecahan glukosa dan fruktosa pada madu asli maksimal 3 mg/100 gram. Madu asli juga memiliki keasaman (pH) yang tetap berkisar 3,4-4,5, sedangkan pH madu palsu 2,4-3,3 atau diatas 5. Aktifitas enzim diastase pada madu asli yang berkualitas minimal 5 dengan rasio Kalium(K) dan Natrium(Na) sekitar 4,0. Pada madu palsu rasionya 0,05-0,1. Madu asli memiliki sifat khas memutar optic ke kiri yang bisa diperiksa dengan alat polarimeter.

Secara sederhana, madu asli dan palsu dapat dibedakan dengan melihat ciri khas fisis madu asli sebagai berikut :

1. Cara pertama, meneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.

2. Cara kedua, dengan mengocoknya. Madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.

3. Cara ketiga, mencampurnya dengan telur ayam/bebek. Madu asli yang diaduk bersama telur akan membentuk gumpalan dan rasa telur berubah menjadi seperti sudah digoreng.

4. Cara keempat, dituang ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

Sayangnya, saat ini banyak madu palsu yang menyerupai madu asli hingga cara-cara tersebut hanya bisa sebagai bahan pertimbangan saja. Tipsnya adalah dengan membeli madu di tempat yang sudah terpercaya. Bila terpaksa membeli di tempat lain, bandingkan apakah harganya tidak terlalu beda jauh dengan madu sejenis dari merk lain. Jika harganya sangat murah, bias jadi madu tersebut adalah madu buatan.

Madu Sebagai Terapi Maag (Gastritis)

Sering mengalami asam lambung berulah? Membuat mual, perih, kliyengan, sesak napas, jantung berdebar, bahkan rasa tertekan di jantung? Anda nggak sendirian. Ini memang penyakit langganan saya, katanya sih lebih karena faktor pikiran. Tegang sedikit atau mikir suatu hal berlarut-larut, mulai deh lambung tereak-tereak, rasanya kayak kontraksi, kenceng-kenceng (untungnya nggak sakit), mual, dan yang menyiksa banget… kliyengan atau berasa kayak melayang.

Saya bahkan pernah menyangka jangan-jangan jantung gw kenapa-napa, habis kadang terasa kayak ditekan dan berdebar cukup kencang. Untungnya nggak sesak napas. Kalau sesak bisa tambah paniklah saya.

Nah, sudah dari Januari 2010, saya beralih ke pengobatan At-Thibbun Nabawi (pengobatan Islami ala Rasulullah Saw) dengan bekam dan memakan obat-obatan alami. Alhamdulillah sampai bulan ini baru 2x ke dokter, itu pun darurat. Pertama gara-gara saya sesak napas banget-banget (sepertinya gara-gara saya bekam dalam kondisi perut kekenyangan, padahal jaraknya sudah 2 jam dari waktu makan, cuma emang kenyaaaaang banget, maklum habis ditraktir maem pizza hehe), jam 2 dini hari saya bangunkan kakak untuk diantar ke klinik, dalam benak saya pengen minta oksigen. Tahunya kata dokter jantung saya nggap apa, bukan paru-paru pula, tapi karena asam lambung naik. Nggak dikasih oksigen sesuai ekpetasi, cuma dikasih obat yang hanya saya minum 2x.

Selanjutnya saya ke dokter lagi gara-gara batuk lama sembuh. Biasanya kalau flu dan batuk saya hanya minum teh rosela plus madu, banyak istirahat, makan benar, dan minum air putih, dan membaik. Tapi kali itu batuknya hampir dua minggu masih membuat saya berhueeek-hueeekk. Masalahnya saya ada tugas lapangan (kalau di rumah aja sih nggak apa bertahan dengan obat tradisional), akhirnya saya ke dokter dan dua hari langsung mampet batuknya hihi.

Saya di sini bukan anti dokter loh ya, tapi lagi berusaha mengurangi asupan obat-obatan kimiawi dan menerapkan sunnah Rasulullah Saw. Pernah sakit mata, Alhamdulillah dengan tetes Otem dan THM, dan obat dalamnya hanya minum jus wortel+tomat, seminggu sembuh.

Okeh, kembali ke laptop. Maag atau gastritis yang dalam bahasa Yunani berasal dari kata gastro(perut/lambung) dan itis (peradangan) adalah penyakit yang bersifat psikosomatis, yakni terkait erat dengan faktor psikologis dan sistem syaraf somatik. Sistem syaraf somatik memiliki hubungan dengan sistem syaraf otonom yang berperan dalam mengatur pergerakkan peristaltik lambung dan pelepasan zat-zat kimia dalam lambung.

Maka jangan heran kalau kita stress atau banyak pikiran, dia lebih duluan berulah. Selain itu bisa juga karena disebabkan faktor lainnya seperti kebiasaan merokok, alkohol, bakteri Helicobacter Pylori, atau efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Gejalanya secara umum sudah saya jabarkan di paragraf pertama tulisan, dan sumpeee kalau dah kambuh menganggu dweeeh. Kebetulan saya punya saudara yang penyakitnya samaan, padahal suaminya dokter, cuma dia sendiri nggak mau keseringan minum obat. Dan mereka suami-istri pun suka melakukan bekam. Kalau saling kambuh, kita suka BBM (blackberry messanger) an buat saling menguatkan atau berbagi tips. Kemarin saudara saya itu share soal resep tradisional tempo dulu, yakni makan sejumput singkong mentah.

Nah, waktu akhirnya saudara saya ke dokter spesialis, si dokter berkisah banyak penderita maag ini salah menyangka dirinya sakit jantung. Mereka lari ke RS spesialis jantung, padahal bukan penyakit jantung. Pada beberapa kasus gastritis ini bisa menyebabkan terjadinya ulcer, yaitu terputusnya kontinuitas mukosa gastrointenestinal (selaput permukaaan lambung) yang meluas sampai jaringan epitel sehingga terjadi iritasi atau peradangan pada jaringan tersebut (borok). Ulcer ini bisa terjadi di saluran eshopagus (tukak lambung), duodenum (usus dua belas jari) dan jejunum (usus halus).

Lambung sendiri merupakan organ berbentuk kantong kosong yang terletak di sebelah kiri atas perut, tepat di bawah tulang iga. Ia dapat mengembang untuk menampung makanan dan minuman hingga 1 galon!

Dalam lambung ada sebuah cincin yang mengatur masuknya makanan. Cincin itu akan menutup ketika makanan sudah selesai antre masuk dalam lambung. Nah di dinding lambung ada lapisan otot yang kuat untuk menghancurkan makanan bekerja sama dengan 35.000.000 enzim yang mengurai secara kimiawi. Salah satu cairannya adalah asam hidroklorida (HCL) yang bahkan bisa melumat paku besi!!! Bisa dibayangkan nggak kalo asam ini meningkat bisa merusak lambung sendiri, Itu makanya mukosa lambung melepaskan ion bicarbonate untuk melindungi mukosa dinding lambung dari kerusakan.

Sebetulnya PH di lambung mampu mencegah hidupnya mikroorganisme, kecuali mikroorganisme yang tahan pada PH asam. Hanya saja pada kondisi tertentu, manusia suka berlaku seenaknya dengan pola hidup seenak’e dhewe dan ketidakmampuan mengelola emosi, lantas berteriaklah penyakit maag itu. Menunda waktu makan, makan terlalu pedas dan asam, makan kekenyangan, merokok, alkohol, obat-obatan dan vitamin tertentu, bisa memicu penyakit maag.

Islam sendiri sudah mengingatkan timbulnya penyakit sistem pencernaan ini, seperti hadits Rasulullah Saw,“Malulah kepada Allah dengan sebenar-benarnya rasa malu. Para sahabat bertanya,”Apakah sebenar-benarnya rasa malu iti?” Beliau menjawab,”Menjaga kepala beserta isinya dan menjaga perut beserta isinya, serta mengingat kuburan dan kematian.”

Rasulullah Saw mencontohkan untuk mengkonsumsi madu di kala sehat maupun sakit. Sebab dalam Al-Qur’an sendiri telah diterangkan dalam surat An-Nahl 68-69 tentang khasiat madu. Dijelaskan Ibnu Qayyim Al Jauziyah dalam kitabnya Ath-Thibbun Nabawi, bahwa ketika seorang sahabat mengeluhkan perutnya yang melilit, Rasulullah meresepkan madu. Sampai tiga kali lelaki itu menghadap Rasulullah karena perutnya yang melilit tak sembuh jua meski sudah minum madu, tapi Rasul terus memerintahkan, “Minumkanlah ia madu.” pada kali ketiga atau keempat lelaki itu kembali, Rasulullah mengatakan,”Sungguh Maha Benar Allah, dan sungguh perut saudaramu yang berdusta,” dan setelah berulang kali diminumkan madu, dia sembuh.

Saya lantas teringat keluhan saudara saya tadi ketika saya sarankan minum madu tatkala maagnya kambuh,”Malah makin perih perut gw, Dek,” katanya. membaca hadits ini saya bocorkan padanya,”Sugestinya musti kuat dan kalau akut malah 3 jam sekali ulangi minum madu,” kata saya.

Manfaat madu bagi pencernaan:

1. Menurunkan asam lambung

2. Menyehatkan perut (pengobatan kanker dan peradangan pada usus)

3. Mencegah terjadinya pengendapan karena kandungannya atas asam lebah yang berpengaruh atas bakteri-bakteri usus

4. Mencegah terjadinya sembelit (susah buang air besar)

5. Sumber gizi yang dibutuhkan jaringan liver

Selain itu hasil penelitian membuktikan bakteri-bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia tidak mampu hidup dalam madu karena  di dalamnya ada zat pembasminya berupa: formic acid (mencegah tidak basi), kandungan gula hingga 80%, zat anti bakteri yang disebut antibacterial inhibitore, dan mengandung H202 hydrogen peroxide yang terkenal sebagai pembunuh bakteri.

Terapi tambahan lainnya adalah melakukan bekam (hijamah) di daerah kahil (punuk), katifyn (dua sisi pundak), ad-dohru (dua sisi pinggang/daerah lambung), dan bisa ditambahkan di area bawah ulu hati (lima jari dari pusar). Pembekaman ini efektif untuk mengeluarkan toksin (racun) dan melemaskan atau mengendurkan ketegangan. Rasulullah dan para sahabat dulu melakukan pembekaman di daerah kahildan katifyn saat diracun wanita Yahudi.

Jadi saya selalu siap madu di kamar. Masalahnya serangan ini kan datangnya suka mendadak graaak! tau-tau mual, kepala ga enak, maka saya langsung minum sesendok atau dua sendok madu. Kalau belum ada perubahan saya minum madu lagi. Ingat kejadian di restoran pizza pada buka puasa tempo hari, udah niat mau kalap nih (lupakan diet sejenak), eh beberapa menit sebelum bedug, mendadak tubuh ga enak, mual habisss, kayak melayang, bahkan kepala sempat kayak mau goyang gitu, kayak mau jatuh. Paniklah saya…. langsung melakukan SEFT (Spriritual Emotional Freedom Technique) yakni ketukan-ketukan dengan jari tangan di beberapa titik tubuh sambil afirmasi dan doa untuk meredakan gejala. Lalu menelpon terapis bekam saya, “Asam lambungmu itu, nggap apa… rileks dulu, istigfar… ucapkan Laa ilaaha ilaalah ya.., minum teh manis!” katanya. Alhamdulillah membaik.

Nah, bagi yang mau mencoba mengurangi konsumsi obat-obatan kimiawi monggo dicoba. Saya sendiri karena ini caranya Rasulullah, sugestinya tinggi. Kalau efeknya agak lama… anggap aja ujian kesabaran. Semoga bermanfaat.

Barangsiapa meminum madu tiga sendok madu dalam tiga pagi saja setiap bulan, niscaya tidak akan terkena penyakit berat,” (Abu Hurairah)

(kompasiananews.blogspot.com)

 

(Disarikan dari Tabloid Bekam Edisi 2/TH.1/2010)