syaraf terjepit (Pinched Nerve)

Carpal Tunnel Syndrome Operation

Image via Wikipedia

Syaraf-syaraf adalah seperti kawat-kawat elektrik yang mengangkut informasi dari otak ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Mereka terdistribusi keseluruh tubuh.

  • Syaraf-syaraf Motor (efferent) mengangkut informasi dari otak keluar ke tubuh. Ini mengizinkan otak untuk mengirim perintah-perintah ke berbagai organ-organ tubuh. Contohnya, perintah-perintah ini dikirim ke otot-otot menyebabkan mereka untuk berkontraksi dan bergerak, atau mengirim informasi ke jantung untuk berdenyut lebih cepat atau lebih perlahan.
  • Syaraf-syaraf Sensory (afferent) mengirim informasi dari tubuh balik ke otak untuk pemrosesan, termasuk informasi tentang nyeri, sentuhan, rasa, temperatur, atau sensasi-sensasi lain.

Informasi berjalan sepanjang syaraf dengan sinyal electrochemical, banyak seperti informasi yang berjalan sepanjang kawat elektrik. Ketika syaraf terjepit, sinyal terputus di suatu tempat sepanjang jalurnya.

Penyebab Syaraf Terjepit

Syaraf terjepit disebabkan ketika syaraf entah bagaimana rusak atau terluka oleh tekanan langsung dan tidak mampu untuk melakukan sinyalnya dengan baik. Ada banyak penyebab-penyebab yang berpotensi untuk syaraf terjepit, tergantung pada lokasi dari syaraf.

Syaraf Terjepit Pada Leher Atau Punggung Bagian Bawah

Syaraf terjepit pada leher atau punggung bagian bawah dapat disebabkan oleh cakram yang menonjol (herniated disc), arthritis, bone spurs, atau spinal stenosis (penyempitan spine).

Spinal stenosis adalah penyempitan dari kolom tulang belakang yang syaraf-syaraf lewat melaluinya. Syaraf terjepit pada punggung bagian bawah atau pantat dapat menekan syaraf sciatic, yang dapat menyebabkan sciatica.

Syaraf Terjepit Pada Pergelangan Tangan Atau Siku Tangan

Syaraf terjepit pada pergelangan tangan dapat disebabkan oleh carpal tunnel syndrome. Kondisi ini disebabkan oleh penekanan (kompresi) pada syaraf median ketika ia lewat melalui jaringan yang terbatas dari pergelangan. Cubital tunnel syndrome adalah kondisi serupa yang disebabkan oleh penekanan dari syaraf ulnar pada siku. Kedua-duanya dari kondisi-kondisi ini adalah lebih umum pada orang-orang diabetes dan orang-orang yang melakukan aktivitas-aktivitas yang berulang-ulang seperti juru ketik, yang menggunakan computer keyboard untuk periode-periode waktu yang panjang, atau pekerja-pekerja jalur perakitan.

Penyebab-penyebab Lain Dari Syaraf Terjepit

Pembengkakan sekitar syaraf dapat disebabkan oleh luka, memar, atau kondisi-kondisi lain, termasuk pembengkakan dari anggota-anggota tubuh yang dapat terjadi dengan kehamilan. Kecenderungan yang diturunkan, seperti yang dimanifestasikan oleh sejarah keluarga dari kondisi serupa, dapat juga meningkatkan kesempatan individu mengembangkan syaraf terjepit.

Gejala-Gejala Dari Syaraf Terjepit

Gejala-gejala dari syaraf terjepit tergantung pada syaraf mana yang terpengaruh. Setiap syaraf bertanggung jawab untuk pengiriman informasi ke atau dari bagian-bagian spesifik tubuh.

Gejala-gejala yang paling umum dari syaraf terjepit adalah:

  • nyeri,
  • mati rasa,
  • kesemutan, atau
  • kelemahan otot sepanjang alur syaraf.

Sensasi syaraf terjepit mungkin dirasakan seperti, contohnya, sensasi ketika bagian dari tubuh anda telah “jatuh tidur”. Syaraf terjepit dapat menyebabkan gejala-gejala pada tempat kerusakan, atau lokasi mana saja lebih jauh menuruni alur dari syaraf yang terpengaruh.

  • Syaraf terjepit pada leher dapat menyebabkan nyeri atau kekakuan leher, bersama dengan gejala-gejala menuruni lengan.
  • Syaraf terjepit pada punggung bagian bawah menyebabkan nyeri dan kekakuan punggung dengan gejala-gejala menuruni tungkai. Dokter dapat seringkali mengidentifikasi syaraf mana yang terjept pada leher atau punggung bagian bawah berdasarkan pada bagian mana dari lengan atau tungkai pasien yang terpengaruh.
  • Syaraf terjepit pada pergelangan tangan dari carpal tunnel syndrome secara khas mempengaruhi ibu jari, jari telunjuk, dan jari-jari tangan tengah. Ia dapat juga menyebabkan kelemahan pada kekuatan menggenggam pasien, dan atrophy dari otot telapak tangan dekat ibu jari. Syaraf terjepit pada siku dari cubital tunnel syndrome mempengaruhi lengan bawah, jari tangan keempat, dan jari-jari tangan kecil.
  • Mendiagnosa Syaraf Terjepit

Dokter akan mulai dengan menanyakan pasien berbagai pertanyaan-pertanyaan tentang nyeri, mati rasa, kesemutan, kelemahan, dan gejala-gejala lainnya. Pasien mungkin juga ditanya tentang kondisi-kondisi medis lain, sejarah pekerjaan, dan sejarah medis keluarga. Informasi ini dapat seringkali membantu dalam mengidentifikasi syaraf(-syaraf) yang terpengaruh.

Dokter akan kemudian memeriksa bagian tubuh yang terlibat. Ini mungkin termasuk pengujian kekuatan, sensasi, dan otot pasien pada otot-otot yang spesifik. Tergantung pada hasil-hasil dari sejarah medis dan pemeriksaan fisik, pasien mungkin perlu tes-tes tambahan.

Jika dokter mencurigai pasien mempunyai syaraf terjepit (kompresi dari syaraf-syaraf) pada leher atau punggung bagian bawah, X-rays mungkin perlu untuk menilai kemungkinan luka pada spine atau arthritis dari spine. Tergantung pada keparahan dan durasi dari gejala-gejala pasien, ia mungkin juga perlu CT scan atau MRI scan. Studi-studi pencitraan ini menyediakan informasi tambahan tentang syaraf terjepit yang tidak terlihat pada X-rays yang reguler, dan dapat menyediakan informasi tambahan dalam persiapan untuk intervensi operasi jika diperluakn.

Dokter mungkin juga merekomendasikan tes-tes spesifik untuk syaraf yang terpengaruh termasuk studi konduksi syaraf atau electromyography (EMG). Pada studi konduksi syaraf, tes menstimulasi syaraf-syaraf dengan impuls elektrik yang ringan dan mengukur kecepatan dari impuls yang berjalan dalam syaraf. Pada EMG, jarum kecil ditempatkan kedalam otot sementara pasien mengkontraksi otot untuk mengukur aktvitas elektrik dari otot-otot.

Merawat Syaraf Terjepit

Alat-alat penguat pendukung

Pada banyak kasus-kasus syaraf terjepit dapat dirawat dengan istirahat dan es. Jika syaraf terjepit ada pada lengan (carpal tunnel syndrome atau cubital tunnel syndrome) dokter mungkin merekomendasikan brace (alat penguat) untuk periode waktu yang singkat. Brace membatasi jumlah gerakan sekitar syaraf, yang mengizinkannya untuk istirahat dan sembuh. Brace juga mencegah pasien dari gerakan-gerakan yang mungkin lebih jauh menekan atau menjepit syaraf yang terpengaruh. Brace yang digunakan untuk carpal tunnel syndrome menutupi pergelangan tangan dan diperluas sedikit kebelakang. Ini karena selama flexion (menekuk pergelangan kebawah) syaraf median pada pergelangan terjepit lebih jauh. Brace untuk cubital tunnel syndrome pada siku dapat digunakan untuk mempertahankan siku menekuk terlalu banyak yang lebih jauh meregangkan syaraf ulnar.

Pengobatan

Beragam obat-obat dapat juga digunakan untuk merawat syara terjepit. Obat-obat anti peradangan, contohnya, ibuprofen atau naproxen dapat mengurangi peradangan (pembengkakan) sekitar syaraf yang terpengaruh. Obat-obat lain yang digunakan secara spesifik untuk nyeri yang berhubungan dengan syaraf termasuk gabapentin (Neurontin) atau pregabalin (Lyrica).

Terapi fisik

Terapi fisik dapat membantu meregangkan dan menguatkan otot-otot spesifik pada tubuh, yang membantu membebaskan tekanan pada syaraf yang terjepit.

Operasi

Jika gejala-gejala dari syaraf terjepit tidak membaik dengan perawatan-perawatan diatas, operasi mungkin direkomendasikan. Operasi mngkin juga direkomendasikan jika pasien mengembangkan kelemahan tambahan pada otot-otot, atau jika syaraf-syaraf tertentu yang terjepit menyebabkan kehilangan kontrol dari usus besar atau kantong kemih (cauda equina syndrome). Ini adalah tanda-tanda dari kerusakan syaraf yang lebih parah.

Operasi untuk syaraf terjepit tergantung pada lokasi dari syaraf yang terjepit. Jika syaraf terjepit pada pergelangan tangan (carpal tunnel syndrome) atau siku (cubital tunnel syndrome), ahli bedah dapat membebaskan jaringan-jaringan diatas syaraf pada pergelangan tangan atau siku untuk membebaskan tekanan jaringan syaraf.

Jika syaraf terjepit ada pada leher atau punggung bagian bawah ahli bedah tulang belakang atau ahli bedah syaraf dapat mengeluarkan bagian dari cakram atau bone spurs yang menekan syaraf pada spine. Pada beberapa kasus-kasus, jika diperlukan untuk mengeluarkan bagian-bagian yang besar dari tulang atau cakram, operai mungkin memerlukan spinal fusion untuk menstabilkan spine setelah membebaskan syaraf.

Prognosis Pasien Untuk Syaraf Terjepit

Pada kebanyakan kasus-kasus, pasien-pasien dengan syaraf terjepit mampu untuk sembuh sepenuhnya tanpa segala gejala-gejala yang bertahan lama. Kebanyakan pasien-pasien merespon dengan baik pada perawatan konservatif termasuk istirahat, modofikasi aktivitas, es, terap fisik, dan obat-obat.

Operasi-operasi pembedahan secara khas hanya direkomendasikan untuk orang-orang yang tidak membaik dengan perawatan konservatif atau jika mereka mempunyai kelemahan otot yang memburuk. Lebih lama pasien mempunyai gejala-gejala dari syaraf terjepit, dan menjadi lebih buruk gejala-gejalanya, lebih kecil kesempatan untuk kesembuhan sepenuhnya. Nyeri, mati rasa dan kesemutan biasanya sembuh sepenuhnya dengan perawatan. Jika seseorang mengembangkan kelemahan atau pengikisan dari otot-otot ia harus mencari dokter sesegera mungkin untuk mencegah segala kerusakan syaraf yang permanen.

155 thoughts on “syaraf terjepit (Pinched Nerve)

  1. sepertinya saya mengalami yang namanya Cubital tunnel cyndrome. Karna pekerjaan saya -/+ selama 9 jam mengahadap komputer dengan posisi siku menekuk, sehingga mengakibatkan hal tsb. Apakah ada penanganan sendiri yang bs saya lakukan dirumah sebelum saya periksakan ke dokter.?

    terimakasih.

    • kepada saudara Fent yg terhormat

      masalah syaraf kejepit, bisa diatasi dengan mengembalikan posisi urat atau syarafnya kepada posisi sediakala. caranya adalah dengan pijat pada titik2 tertentu/ akupresur. kedua, bisa juga dengan terapi lintah, yaitu mengembalikan urat2 yg melingkar. melancarkan kembali peredaran darah, membuka kembali pembuluh darah yang tersumbat.
      anda bisa menggerak2kan secara perlahan dengan meluruskannya…dst

      sekian wassalm
      pak Syarif

  2. hormat saya,teman saya mengalami syaraf tercepit dibagian pergelangan tangan kanan,sebenarnya sudah lama menderita sperti itu,namun baru dirasakan seminggu sebelumnya.baru kemarin saya bawa ke rsu setempat, disana dia dsuntik,karena kata dokter ada syaraf yang tercepit di gua gitu.lalu di suntik gunanya untuk melepaskan syaraf tersebut.Namun sekarang justru tangannya menjadi membengkak,dan terasa sakit terus menerus,saya tidak tega, saya harus bawa kemana dok? yang tepat. terima kasih

  3. saya punya keluarga setelah kecelakaan dia tdk dapt bergerak vonis dokter syaraf tulang sumsum terjepit jika di opersi kemungkinan 50% berhasil dan jika berhasil akan ada anggota tubuh yg tidak berfungsi,jadi kami memutuskan tidak menjalani operasi sehinga kondisi ini sudah berlangsung 4tahun..apakah ada kemungkinan di klinik assyarif masih dpt di sembuhkan

  4. Maaf, saya mau tanya, kalau dari punggung sampai kaki mati rasa, kesemutan, terasa panas aja dan tidak bs bergerak, apa merupakan gejala syaraf terjepit?? ini terjadi akibat kecelakaan, tulang punggung patah 3 bagian dan tangan kanan juga patah 3 bagian. kalau tulang sih, udah baikan, setelah diurut, tetapi dari punggung sampai kaki itu msh mati rasa dan tidak bisa digerakkan, hanya kadang bergerak sendiri tanpa dikontrol. Apa bapak bisa membantu mencari solusinya?
    Terima kasih banyak Pak…

  5. saya mengalami urat syaraf terjepit tulang belakang d slama 8 thn,sakit yg saya rasakan sering saya tahan2 kn..saya uda coba brobat kemana2 tp tdk ada prubahan…apa bpk bisa mmbrikan solusinya ..makasih!!!

  6. saya mau tanya ? Adik saya tulang punggung bawah sakit,sempat diopname dirumah sakit , kata dokter adik saya tulangnya hampir kejepit , udh be2rapa kali cek up belum sembuh juga malah sekarang kakinya suka kesemutan , apakah bisa sembuh berobat di klinik asharif .. Tk

  7. Assalamu’alaikum. Ibu saya menderita syaraf kejepit dibagian pinggul/pantat sejak bln nov 2010.
    Hingga sakit kalau dibuat berjalan. Sekarang kalau dibuat jalan, agak pincang2 gitu. Saya bingung mesti dibawa berobat kemana lg ibu saya, krna sudah berbagai cara & tempat pngobatan sudah dicoba, tp ga ada perubahan. Mohon bantuan nya. Terima kasih.

  8. salam kenal Bapa/Ibu…. saya mau bertanya, adik saya mengalami kecelakaan sehingga tulang belakangnya patah dan saraf nya terjepit. dan saat ini mulai dari saraf terjepit sampai ke ujung kakinya dia tidak dapat merasa…. Sekarang tulang belakangnya sudah bagus, tapi masih blm dapat merasa juga… saya minta tolong di berikan masukan agar adik dapat sembuh…. menurut Bapa/Ibu, apakah ia dapat disembuhkan?

  9. AsWeWbr. Rasanya semua masalah dapat diatasi, saya sangat tertarik utk datang berobat. Tolong alamat lengkapnya kalau ada peta san waktu praktek lebih bagus, trksh banyak
    Salam
    Jalu/Dadang Sumbada

  10. Assalamualaikum wr. wb.

    Pak Syarif, putra saya (sekarang 10 tahun) saat lahir ditarik di bagian ketiak kanan oleh bidan karena macet/sulit keluar (karena besar) saat persalinan normal. Sampai sekarang tangan kanannya masih kaku dan terasa sakit untuk bergerak ke arah tertentu. Waktu balita pernah rutin di fisioterapi, cukup membantu walau belum maksimal.
    Mohon saran pengobatan untuk kesembuhan putra saya ini.

  11. asalammualaikum wr wb
    pak saya mau tanya ,
    temen saya ini mengalami kondisi yg sangat lemah fisiknya sudah di bawa kmana2 medis & alternatif
    dia terkena hernia sudah oprasi tp sudah 1 th ini tdk ada prubahan kondisinya tambah lemah ,hassil diaknosa dokter ter aqir katanya pengaruh saraf terjepit krena beban brat dan di sertai hernia,
    per tanyaan saya apakah penyakit tman saya ini masih bsa di sembuhkan ,dan dengan pengobatan macam apa ?
    mohon pencerahan dan trima kasih sblmnya,
    mohon di ktim lewat e mail saya.

  12. Ass , Saya Mau Nanya Nie , Ayah Saya Sudah 1 thn ke belakang, menderita penyakit syaraf , tapi baru parah2 nya 2 bulan kebelakng ini , jalan pun kaya anak yang baru belajar harus di tanduh / dampingi , dari pinggang ke kaki lemas , kaki masih bisa bergerak tapi lemas kalau jalan kata`n , kira2 berapa x penyembuhan agar bisa sembuh total , yang sudah2 berobat saja , biasa`n berapa x ?? thanks , wassalam….

  13. saya menderita sakit at nyeri di punggung dekat tulang belikat selama 3 tahun . KIRA2 therapy apa yang cocok ya? Thanks

  14. Assalamualaikum, Pak.. saya mengalami nyeri leher di sebelah kiri sehingga sakit sekali
    untuk menoleh ke kiri,, saya sudah kedokter rehab medik dokter syaraf bahkan dokter
    penyakit dalam hanya dibilang kurang olah raga, saya mohon bantuannya untuk masalah
    saya ini pak. kalau saya mau berobat ketempat bapak alamatnya dimana yaa…
    terimakasih sebelum Wassalamualaikum WR WB

    • wa’alaikum salam wr.wb.
      bisa jadi karena urat tergesesr atau pembekuan darah..jadi bisa diterapi dengan akupresur dan sedot lintah, datang aja ke klinik kami. insya allah dapat teratasi

  15. Ass w w,bpak..saya punya keluhan,slama kl 2th inh, d bawah bokong,sampai paha n betis kanan saya tersa nyeri yang sangat skali, sampai2 saya ndak bisa tidur,n mnurut diagnosa dokter bdah saraf (stelah melihat hasil MRI ) ada saraf yang menempel/lengket d ekor pinggang saya(saya dlu pnah operasi saraf kejepit,th 2006 ahir),,dan mnurut bapak yg trhormat bagaimana solusi dan penangan nya..? Trmkasih wass.. (pls,,reply di email saya..)

  16. assalamualaikum, pak saya mau tanya thn 2010 akhir saya kecelakaan tulang leher bergeser keluar lalu di operasi dan di pasang pen setelah itu dari dada sampai kaki mati rasa sampai sekarang tp masih ada replek gerak pd kaki apa saya bisa sembuh atau tidak ,….terimakai.

  17. saya mempunyai keluhan nyeri di punggung tengah . pas di belikat…menurut dokter syaraf kejepit. bagaimana terapinya dan apa bisa syaraf kejepit disembuhkan. terimakasih

  18. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Yth Pak Dokter

    Disekitar kelopak mata saya sebelah kanan mengalami berkedip-kedip / sering kali memejam-mejam sendiri, kejadian ini berawal ketika sy ultah disiram air berkali-kali, sy mengalami ini sudah sekitar 3 tahun belum ada perubahan.
    Mohon kiranya dpt memberikan solusi untuk saya.
    Terimakasih.

  19. bapak saya terjepit syaraf bagiaan tulang blakang dan sudah menjalani operasi karena kata dokter sudah lumayan parah dan terjadi pergeseran.sehingga disarankan operasi.dan juga sudah berpengaruh pd kandung kemik dan pencernaan.sekitar dua bln lalu menjalani operasi namun belum ada penyembuhan.operasi hanya mampu menghilangkan rasa pegal dan nyeri di pinggang sementara kaki belum bisa berjalan walau tidak mati rasa…dan juga masih dapat digerakan meski tidak bertenaga.yg saya tanyakan apakah bisa disembuhkan…bagaimana caranya sementara kami jauh disolo.trimakasih..beri tahu bila ada balasan

  20. Ass.
    Leher saya sakit, apalagi kl menoleh ke kiri. Dan rasa sakit itu saya rasakan sampai ke kepala, tulang welikat dan lengan atas sebelah kiri.
    Kira2 teraphy apa ya? Biayanya? Dan biasanya berapa kali teraphy bisa sembuh?
    Saya merasakan ini dari 3 hari yang lalu gara2 saya berontak ketika di ruqyah.
    Mohon jawabannya secara detail. Trims.
    Wass.

  21. Ass.

    Urat leher saya terasa sakit sekali, terlebih kl menoleh ke kiri. Rasa sakit yg saya rasakan sampai ke kepala bagian belakang sebelah kiri sampai ke kuping, ke tulang welikat dan lengan atas kiri. Ini terjadi semenjak 3 hari yang lalu gara2 saya berontak pada saat ruqyah dalam keadaan tidak sadar.

    Ada 3 hal yang ingin sy tanyakan:
    1= Teraphy apa yg pantas saya jalankan dan berapa biaya nya utk 1x teraphy…?!
    2= Biasanya (penurut pengalaman) setelah berapa kali teraphy akan tampak / terasa kesembuhannya……???
    3= Lokasi saya di Depok. Kira2 kl dari kampus UIN masih jauh ga?

    Mohon jawabannya secara detail. Trims!

    Wass.

  22. Assalamualikum Pak Syarif .adik saya mengalami perubahan fisik mau makan terus,suka ngomong-ngomong sendiri dan tertawa sendiri seolah-olah dia sedang ngombrol dengan temannya,dia sering bermotor tanpa arah tujuan,ketika di ajak ngombrol tidak nyambung bahkan seolah-olah dia mempunyai dunianya sendiri ,sudah berobat kemana-mana bahkan terakhir ini di vonis itu urat syarat terjepit,sebaik ya kami akan berobat kemana ? atau di klinik bapak ini bisa di sembuhkan ?mohon penjelasannya ,terima kasih wassalam.

  23. ass.wr.wb..pak sy mau tny pakde saya sdh 5than lumpuh ktnya divonis dokter saraf terjepi.tp msh bs bicara normal tgn kanan kiri normal tp gk bs berjalan atw duduk,,gmn solusinya.makasih.wss.

  24. saya baru lahiran dg vakum bayi saya tangan kirinya kepecet dokter dan sekarang tangan kirinya tidak bergerak?klinik ini bisa pengobatan untuk bayi dan dalam kasus seperti ini gak?

  25. mau tanya pak… rasanya di gigit lintah itu gimana ya??? apakah sangat sakit???
    kalo saya ingin terapi lintah, kira2 berapa lama saya harus di gigit lintah???
    terapi lintah itu juga termasuk bekham ya??

  26. ass..saya menderita syaraf terjepit di bag.pergelangan tangn dikarnkn kecelakaan .sudh 3th tangan saya tdk berfungsi .jari’ny hany bergerak sedikit sja.bgaimana solusiy?

  27. kalo wilayah jakarta utara ada gg,,

    saya sakit pinggang sebelah kiri,, kadang” merambat sampai betis,, kalo mw bgun atau jalan agak susah, ini termasuk syaraf kejepit atau apa,,
    sempat ke puskesmas katanya cuma kecapean,, dikasih obat penghilang nyeri tp masih sakit,, kurang lbh hampir seminggu .
    dan bagaimana solusinya.

  28. saudara saya g bisa berjalan, cerita dulu pernah jatuh tp sudah bertahun2. tapi sejak krg lbh 4 bln yg lalu dy merasakan kesemutan di kaki sebelah kirix, tp g dirasakan dan tetap dipake utk bekerja. selang beberapa waktu kakix mati rasa, dan diikuti dg kaki kanan g bisa utk jalan. sampai akhirx kedua kakix tidak bisa untuk berjalan dan terakhir dy mengalami susah buang air kecil. meskipun tidak bisa berjalan tapi dy masih bisa merasa jika kakix disentuh atau dipijat. apakah itu termasuk penyakit syaraf terjepit pak?, trz solusi pengobatanx gmn?, thx atas saranx…

  29. ass.wr.wb sya mey mw mennykn jd gini sy punya shbt yg pergelangan tagnnya terkena pecahan kaca shngga urat nadi dan saraf2 dpergelangan tgan ptus 7,stelah dioperasi 2 kali tp hsly tangn bengkak dan ketiga jarinya tdk bs digereakkan dan mati rasa,ternyata ada yg slah dlm penyambungan saraf2 tsb,akhirnya dia tdk mw laagi kdktr,yg mw sya tanyakan bagaimana cara terapi utk ksembuhanny,terima kash sblumnya jwabn sy tggu

  30. Assalamualaikum,,
    Pak saya Udah 2.5 tahun ga bisa berjalan,,karena abis kecelakaan
    saya di pasang Pen Tulang Punggung saya,,sampai skrg Pen nya Masi Terpasang
    Di Punggung saya,,,Di Tambah Pantat saya abis Operasi Plastik,,
    Gimana Pak apakah masi Bisa Di sembuhkan,,,?
    saya Udah Mutar Mutar Pak Berobat Tapi Belum Ketemu Jodoh nya ??
    saya Di Palembang Pak,,ada Ramuan atau Yang bisa saya Minum Pak,,
    Tanpa harus datang Ke Tempat Bapak,,terima kasih sebelum nya pak,,

  31. assalamualaikum.
    berdasarkan pemaparan bapak diatas, sepertinya saya mengalami syaraf terjepit di bagian pergelangan tangan.
    jari kelingking dan jari manis tangan kiri saya tidak bisa diluruskan seperti biasa lagi (selalu menekuk membentu cakar) dan mati rasa juga. selain itu pada telapak tangan saya terjadi penyusutan otot sepertinya karena telapak tangan saya menjadi kurus atau kerdil. saya telah melakukan berbagai macam pengobatan alternatif seperti akupuntur, terapi lebah, dan bekam. akan tetapi masih belum ada perkembangan.
    bagaimana pendapat bapak? apa yang harus saya lakukan?
    terimakasih atas jawabannya.

    • Mas Satrio, saya punya keluhan yg sama dengan anda, cuma agak beda sedikit di mati rasa nya itu, saya masih bisa merasakan sentuhan, cuma saraf motoriknya saja yg rusak sensoriknya masih bagus. beberapa minggu lalu saya beranikan diri check up ke dokter saraf, setelah melalui tes EMG saya di diagnosis mengalami (lesi radiks c8-t1, dekompresi denervasi) atau bahasa awamnya terjadi penekanan saraf pada tulang belakang antara cervikal 8 ( leher ) dan toraks 1 ( punggung ). tadinya saya juga merasa kena carpal tunnel, tapi Alhamdulillah bukan.

      BTW, kalau saya di Jakarta boleh juga nih ikhtiar di klinik As Syarif tapi apa daya saya di Denpasar.

    • Untuk saat ini saya sedang terapi obat, sambil menguatkan mental manghadapi ‘kekurangan’ ini.
      jadi historynya saya dulu pernah kena tendangan dibagian leher dari arah depan, pas kejadian tidak berasa sakit atau apa hanya trauma saja, ternyata setelah 2-3 tahun baru saya merasakan perbedaan di jari2 saya.

      maaf pak Syarif, saya jadi curhat.. Thanks…

  32. saya seorang ibu berusia 35 th…sudah 1 bulan lebih sy mgalami panas punggung,leher sampai kepala disertai kesemutan tp tidak ada rasa nyeri sama sekali.dan gejala-gejala itu kadang muncuk kadang tidak.apakah itu ada hubungannya dengan saraf?mohon jawabannya

  33. Sy punya adik divonis dokter mengidap epilepsi dan diajurkan minum obat tiap hari krn sering kejang. Tapi terkadang tetap aja kejang. Timbulnya kejang biasanya adik sy merasakan urat didaerah bahu sampai leher seperti narik2 dan kaku. Kl benar2 kaku biasanya lsg kejang. Apakah adik saya ada syaraf yg kejepit didaerah leher. Mohon kiranya solusi terbaik tentang penyakit adik saya

  34. Ass..pak sy mengalami skit d’bagian punggung bawah sampai kkaki dan klaw jaln terasa nyeri hingga kalau jalan pincang(bengkok) gak lurus,penah d’bwa ke RS dan d’ronsen tp kata dokter tidak apa2,bru jlan jelas2 sdah picang..mhon pak petunjuknya skit ini sudah skitar 2 tahun sya alami

    Terima kasih wss..

  35. assalamualaikm.. 3 tahun yg lalu saya kecelakaan dan terkena benturan d wajah sebelah kanan, kebal di wajah sbelah kanan,kesemutan, mati rasa, bola mata saya tidak bisa naik ke atas, sering saya menangis tapi di mata sebelah kanan tidak mengeluarkan air mata, telinga berdenging,kelopak jatuh, katanya urat saraf terjepit tulang.. bagaimana cara pengobatannya?apakah bisa??bisa ceria lagi

  36. Pak dulu sya skit & tdak dpat brjalan slama 1 thn,stelah d.priksakan kta dokter syaraf sya trjepit d.punggung,,d.anjurkan operasi tpi stelah operasi kog berjalan saya(otot kaki msh agak kaku) tdak 100% ,itu knapa y , ?

    Trima kasih

  37. saya habis jatuh dari stegger +/- 3m kepala saya kebentur dinding udah saya usg ternyata saraf di kepala ada pembengkakan.solusi nya gmn? tarif nya juga brp? trima kasih.bp jaih.

  38. saya wanita pak umur 36 th, sakit dibagian pinggul bawah sebelah kiri maaf (pantat) sampai kaki terasa kesemutan dibawah jalan sakit sekali , begitu juga kalau tidur, kalau saya duduk kaki sebelah kiri saya sakit sekali bila diluruskan…ini penyakit apa ya, dan saya tinggal di daerah kalimantan mau nanya di kalimantan apa ada cabang clinikknya pak….mohon solusinya, trim’s

  39. Saya seorang laki2 usia 43 tahun, kebiasaan buruk terlalu lama
    di depan komputer, membuat lengan dan bahu kanan belakang
    sering terasa nyeri, kadang nyerinya bisa merambat hingga bagian
    pinggang, paha sampai betis kaki kanan, pangkal lengan hingga jari-jari tangan kanan seperti kesemutan. Hal ini, awalnya saya anggap biasa karena mungkin kecapekan karena terlalu lama mempergunakan mouse komputer. Namun sejak hampir 2 bulan ini, setelah lama banget tidak pernah berolah raga, saya mulai aktif lagi olah raga angkat beban. Awal angkat beban lengan ataupun bahu kanan bagian belakang terasa nyeri banget, lebih nyeri dari sebelum-sebelumnya, tapi tetap saya paksakan,
    hingga berangsur-angsur rasa nyeri agak menghilang dibagian tersebut seiring seringnya jadwal latihan yang saya lakukan, namun yang menjadi pertanyaan saya, kenapa perkembangan otot tangan kanan dan kiri saya terlihat banget perbedaannya. Tangan kanan terlihat lebih besar dibandingkan tangan kiri. Apakah otot saya ada yang terjepit hingga membuat perkembangan otot tangan saya menjadi berbeda, pada gerakan tertentu tangan kanan memang lebih lemah di bandingkan tangan kiri, mohon advisnya pak. Terima kasih sebelumnya.

  40. Assalamualaikum, pak saya mau tanya, apakah kaki n tangan saya terjepit sarafny hingga saya tak mampu berdiri tanpa berpegangan, kalo bjalan sakit dibetis, dan saya juga tidak bisa berlari. Tangan kiri saya lemah skali bhkan untuk menyisir rambut , n tangan knan saya jempolny kaku tidak bs bergerak. Mhon pncerahannya, krna saya takut lumpuh total pak.

  41. Ass.. Usia sy 33, sy mngalapi ptah tulng di atas siku lengan knan, stelah operasi 2bulan lalu, jri jempol dan pergelangan tngan tidak bisa di gerakan ke atas ( lemas ) srta msih trasa nyeri, ksemutan dan baal, dri siku smpai jemari,,
    yg sy ingin tnyakan, apakah sy mngalami urat trjepit atau CTS,
    serta apakah bisa dengan terapi lintah,?

    Terimakasih, wasslam..

  42. gimana cara menyembuhkan kaki yg tidak bisa jalan
    tidak bisa di gerakan dan mati rasa??mohon pencerahan nya om
    apa2 aja pengobatannya??

  43. assalamualaikm..saya mau bertanya di belakang punggung dekat belikat terasa ada yang menempel / melekat itu kenapa yaks apakah ada urat yang terjepit?mohon solusinya, trim’s

  44. Asslamualaikum.
    Pak tangan kiri saya mati rasa /lumpuh gk bsa di gerakin akibat kclakaan mtr sudah 6 bln blm ad perubhn,ap kan msh bisa di sembuhkan / terapi di tmpt bpk?

    Trmksh

  45. pak saya mau tanya udah 2bln ini bagian pantat saya sakit kaya ngilu hal ini bikin saya jadi tdk bisa lari bahkan jalan seperti tdk normal sama bagian telapak kaki yg diujung kaya kesemutan apa ini gejala saraf kejepit pak . trimakasih

  46. Maaf pak mau tanya. Dulu saya pernah bekerja selama 6 tahunan, duduk didepan komputer bisa sampai 8 jam per hari. Karena itu saya sering merasakan nyeri pada pinggang saya, apalagi kalo untuk duduk. Untuk meredakan rasa nyeri itu biasanya saya tiduran, tp kalo buat duduk nanti nyeri itu datang lagi. Kira-kira sakit saya apa ya pak dan solusinya bagaimana. Terim kasih. Tina

      • Setahun yg lalu sy kecelakaan, akibatnya ada kerusakan tulang belakang 4,5 dari leher, akibatnya ke-2 kaki sy mati rasa dn tdk bs digerakan, kt dokter syaraf kejepit dan dioperasi (stabilisasi). Skrg kaki kiri mati rasa dn kebas tp bs bergerak dn cukup kuat berdiri dn melangkah hanya suka kejang. Dan kaki kanan sebagian baal sebagian terasa dn cukup kuat utk berdiri tp bbrp gerakan otot ga fungsi.. Skrg melangkah pelan pake tongkat walker, msh kah sy bs jalan tanpa tongkat adakah obatnya ?.. Trims

  47. bapak saya mau menanyakan terlebih dahulu, saya 3 hari yang lalu melakukan perjalanan dengan motor cukup jauh dan ejak 2 hari yang lalu saya baru mulai bekerja juga berjalanan dengan menggunakan motor dan saya tidak pernah melakukan itu sebelumnya, saya juga termasuk pemula dalam menggunakan motor. setelah perjalanan itu tangan saya kesemutan, terus mati rasa dan akhirnya jari jempol dan telunjuk saya susah untuk gerak, contohnya untuk mengetik atau menuli, selain itu tidah bisa memngambil benda yang cukup berat yang sebelumnya bisa saya lakukan. apakah tangan saya termasuk syaraf nya terjepit? karena saya tidak tahu maka 2 hari ini setiap malam saya kompres dengan air hangat, itu bagaimana pak? apakah bisa di sembuhkan?

  48. assalamu’alaikum pa. saya ingin bertanya. ayah saya sudah hampir 2 bulan ini sakit saraf terjepit. pertama diperiksa dan di lihat dari hasil rontgen saraf terjepit di Lumbal L4-L5. tapi dah hampir 2 minggu ini sakitnya berpindah ke perut sebelah kiri bawah. apakah itu pengaryh dari saraf terjepit juga?

  49. Dok saya pernah mengalami sakit pinggang selama 1 minggu pada tahun 2012, selama 1 minggu tersebut saya gak urut, dan secara tiba-tiba pinggang sakit hingga ke bagian kaki dalam satu malam menahan sakit, paginya sakit tersebut hilang cuma terjadi baal pada bagian jari kaki jempol, telunjuk dan jari tengah hingga sekarang ini. Apakah nama penyakit ini yang dinamakan penyempitan urat syaraf dok ? tolong di jelaskan. dan obat apa yang dapat menghilangkan baal tersebut, trims

  50. Assalamualaikum pak S̤̥̈̊
    ά̲̣̥
    ÿ̲̣̣̣̥
    ǎ̜̣̍
    mau nany thn 2013 sy mengalami kecelakaan.trs sy diagnosa dokter 3 saraf sy melebar / putus.bulan desember S̤̥̈̊
    ά̲̣̥
    ÿ̲̣̣̣̥
    ǎ̜̣̍
    operasi trs hbs operasi S̤̥̈̊
    ά̲̣̥
    ÿ̲̣̣̣̥
    ǎ̜̣̍
    fisioterapy smpi skrng.tapi tangan kanan S̤̥̈̊
    ά̲̣̥
    ÿ̲̣̣̣̥
    ǎ̜̣̍
    blm bs buat beraktifitas setiap hari.tangan kanan lemas g ad tenagany.apkah dgn terapi lintah bs sembuh total?mohon petunjuk pak.mksh

  51. Saya mau bertanya karena saya tidak mengerti medis. Saya punya keponakan usia 12 Tahun, saat ini mengalami gangguan pada tubuhnya dengan anggota tangan dan kaki bergerak-gerak sendiri. Memang keponakan saya pernah Jatuh duduk beberapa bulan yang lalu. Apa ang saya harus lakukan, dan saya tidak tau harus berbuat apa untuk kesembuhan keponakan saya. Mohon bantuanya Terima kasih.

  52. Slm knl pak,saya maw bertanya ni,sewaktu itu saya kecelakaan,dan tak ada luka yang parah,tetapi sewaktu itu tangan kiri saya seperti mati pak,tetapi memiliki rasa sedikit dan waktu itu juga saya rongsen engsel tangan saya berbeda dengan tangan kanan saya(jatuh dari sarangnya),sebenarnya masalah itu dari mana pak,urat saraf atau gara2 engsel jatuh pak dan tangan saya mulai mengecil pak.trimakasih

  53. sya menderita syaraf kejepit dibagian pinggang kiri sampai ke bokokng belakang klo untuk duduk sangat sakit. apalagi klo sore sakitnya menjar sampai ke kaki bawah kiri . apakah terapi yang cocok untuk saay dan kemungkinan untuk sembu-hnya bagaimana karena saya sudah berobat baik medis dan non medis tapi tidak ada hasil.

    terima kasih

  54. maaf pak, saya mau tanya papa saya terkena pendarahan di bagian tulang leher akibat kecelakaan tunggal dengan mengendarai motor, dan dia tidak bisa menggerakkan kakinya dan mati rasa di bagian perutnya. dan setelah 3 minggu di rawat di rs, dokter menyarankan untuk operasi membuka tulang belakang leher untuk menyelamatkan sel saraf yang masih berguna, menurut bapak berapa persen kemungkinan papa saya bisa sembuh? terimakasih sebelumnya pak

  55. Maaf.mau tanya ? Saya mempunyai pacar dia kecelakaan dh 3 tahun.. Di bagian tangan sebelah kanan tidak bs digerakkan sama sekali menggenggam aja pun dk bs.. Klu di operasi ktnya tdk 100 % lg kn sembuh…dan ktnya ada syaraf yg terjepit mknya tidak bs digerakkan sampe skrng..apakah anda di klinik ini bs membantu

  56. Assalammualaikum pak..sy jefry dr tg pinang..sy py keluhan ttg syraf yg tejepit. Awalnya krn kesalahan posisi waktu angkat beban. Sy ini pecinta dunia fitnes..sblm kesalahan yg sy lakukan..badan sy berisi dan sehat. Tp kini sy kurus dan susah utk berolah raga lg krn syraf sy yg trjepit. Sejak saat itu, penyakit byk yg berdatangan kpd sy.. seperti typhes dan maag.. saat ini sy merasakan sakit pinggang dan punggung. Kaki dan tangan syselalu merasa kesemutan . Pernah sekali jari telunjuk sy kaku dan harus diluruskan dg bantuan tangan yg lain. Sy merasa peredaran darah sy kurag lancar..sy pernah kedokter penyakit dalam dan disarankan utk di MRI . Tp hasilnya pun tdk memuaskan, bahkan sy berobat jg ke johor malaysia. Sy jg pernah di akupunktur oleh dokter dr china. Hasil nya lumayan..tp saat itu sy tdk tau klo sy terkena syaraf trjepit. Sehingga pengobatan akupuntur itu tdk sy lnjt kan. Dan dokter yg dr china itu pun sdh mudik kenegaranya. Tp sejak sy mengudap typhes dan maag ini..semua kmbali trasa.
    Yg sy tanyakan ..?

    1. Apakah syaraf trjepit bs disenbuhkan..?
    2. Apakah terapi yg bapak saran kan utk keluhan sy ini..?
    3. Klo mmg hrs terapi lintah..apakah aman utk tensi darah rendah..?
    4. Brp kali sy hrs terapi utk hasil yg maksimal.
    5, adakah obat yg bapak berikan setelah sy ikut pengobatan ini..klo mmg iya apakah obat itu aman bt maag sy..

    terima kasih atas perhatiannya pak..sy mohon utk penjelasan nya agar sy tdk sia sia brgkat kejakarta dan berobat ketempat bapak.. wassalam..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s